Semangat Provinsi Banten Dalam Menyongsong Masa Depan Ditengah Kemajuan Digital

Sumber gambar: https://titiknol.co.id/images/post/2016/12/titiknol_1vy_kp3b.jpg

Banten adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung baratpulau jawa, Indonesia. Dahulu provinsi Banten pernah termasuk menjadi bagiandari Provinsi Jawa Barat. Namun pada tahun 2000 terjadi pemekaran dengankeputusan undang-undang nomor 23 Tahun 2000 sehingga menjadikan Provinsisendiri. Pusat pemerintahan Provinsi banten tersendiri terletak di kota Serang.

Sebelum melanjutkan membaca artikel yang sangat renyah ini, kita flashback dulu mengenai sejarah provinsi banten dahulu.

Banten Dahulu dikenal dengan sebutan nama Bantam pada masa lalu banten merupakansebuah daerah kota pelabuhan yang sangat ramai, ditambah dengan masyarakat yangterbuka dan makmur. Pada abad ke-5 Banten merupakan bagian dari kerajaantarumanagara. Salah satu prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanaga adalahPrasasti Cidanghiyang atau prasasti lebak, yang ditemukan di kampong Lebak ditepi Ci Danghiyang, Kecamatan Munjul, Pandeglang, Banten.

Kemudian saat memasuki abad ke 17 Masehi, Banten merupakan salah satu pusat perniagaan penting dalam jalur perniagaan international di Asia. Tata adminitrasi modern pemerintahan, dan kepelabuhan  sangat menunjang bagi tumbuhnya perekonomian masyarakat.

Walaupun Provinsi banten ini dekat dengan ibu kota Jakarta,Provinsi banten masih memiliki budaya yang sangat kental. Penduduk asli bantensendiri menggunakan bahasa dialek yang merupakan turunan dari bahasa sundakuno. Dialek dikelompokan sebagai bahasa kasar dalam bahasa sunda modern, yangmemiliki tingkatan dari tingkat halus sampai tingkat kasar(informal). Namun dilokasi wilayah banten selatan seperti Lebak dan Pandeglang menggunakan bahasasunda kuno, sundoa modern, dan bahasa Indonesia. Kemudian di wilayah bantenlain seperti serang, cilegon menggunakan bahasa jawa banten yang seringdigunakan oleh orang etnik jawa.

Sumber Gambar: https://bit.ly/2PrJOu8

Hingga kini Provinsi Banten terdiri dari 4 Kotamadya dan 4 kabupaten antara lain:

  1. Kabupaten Lebak
  2. Kabupaten Pandeglang
  3. Kabupaten Serang
  4. Kabupaten Tangerang
  5. Kota Cilegon
  6. Kota Serang
  7. Kota Tangerang
  8. Kota Tangerang Selatan

Menurut data dari sumber online yang penulis dapat, pada tahun 2017 provinsi banten berjumlah 12,7 juta jiwa. Kemungkinan saat ini jumlah tersebut mengalami kenaikan. Saat ini Provinsi Banten mulai mengepakan sayapnya untuk terbang tinggi guna menjadikan Provinsi Banten, Provinsi yang hebat. Perlu diketahui jumlah kenaikan Ekonomi Banten pada triwulan I-2018 tumbuh hingga 5,95% tentu ini adalah pencapaian yang baik.

Tepatnya pada Bulan Agustus 2018 belum lama ini Pemimpin Provinsi Banten juga mengepakan sayapnya lagi untuk terbang tinggi dengan memperoleh penghargaan sebagai Pembina Keselamatan Dan Kesehatan Kerja dari Kementrian Ketenagakerjaan RI. Tidak hanya itu saja penghargaan yang di peroleh, Pemimpin Provinsi Banten Bapak Wahidin Halim juga menerima penghargaan Kepala Daerah inofatif kategori tata kelola dari Koran sindo dan Sindo News.

Bapak Wahidin Halim Sapaan akrabnya dinilai mampu menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) di Provinsi Banten. Penghargaan yang diterima tersebut berdasarkan keberhasilan pencapian yang telak dilaksanakan dalam pemberantasan korupsi, reformasi birokrasi dan pengelolaan anggaran.

Perlu diketahaui sejak berdirinya Provinsi Banten, baru di pemimpinan Bapak Wahidin dan Wakil Gubernur Bapak Andika Hazrumy yang telah mampu mendapatkan penghargaan pengelolan keuangan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Tentu dengan beberapa penghargaan yang di dapat oleh Pemerintah Provinsi Banten, tentu menjadi suntikan semangat untuk seluruh elemen mulai dari lembaga pemerintahan Banten, birokrasi terkait, hingga seluruh elemen masyarakat untuk modal yang kuat dalam menatap masa depan yang lebih gemilang.

Dengan cepatnya teknologi yang saat ini kita rasakan begitu cepatnya mengalir, tentu kita juga harus siap untuk mengimbangi cepatnya laju teknologi tersebut supaya tidak ketinggalan perubahan mengenai teknologi.

Apapun profesi yang kita geluti saat ini, sebagai masyarakat tentu juga harus wajib belajar apa saja demi tumbuhnya ide-ide kreatif guna mengimbangi kemajuan teknologi yang saat ini kita rasakan. Dengan harapan kedepan bisa menjadi ujung tombak dalam membewa perubahan di sekeliling kita ke arah yang lebih baik lagi. Dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat seperti yang kini tengah dirasakan oleh masyarakat tentu bisa menjadi peluang sangat bagus bagi seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya Provinsi Banten, Kenapa? Karena di Provinsi Banten terdapat banyak sekali anak-anak muda yang kreatif serta inovatif untuk terus berkarya supaya kelak di masa depan bisa menjadi ujung tombak bagi Provinsi Banten.

Tidak dipungkuri, ide dan kreatif sangat mahal harganya di tengah pesatnya perekembangan teknologi siapa yang lebih kreatif, itu yang akan jadi pemimpin.

Perlu diketahui, dahulu banyak sekali tokoh asal banten yang terkenal di dunia international. Tentu dengan adanya tokoh tersebut bisa menjadi suntuikan semangat bagi seluruh masyarakat Banten untuk meningkatkan kualitas dirinya dalam perkembangan digital ini supaya kedepanyanya bisa menjadi cadangan untuk membawa Provinsi Banten Ke arah yang lebih hebat dalam meraih prestasi.

Saat ini Provinsi tengah berupaya untuk bangkit dalam semua aspek guna menjadikan Provinsi Banten menjadi provinsi yang terbaik. Perlu diketahui Bulan Agutus kemarin banyak Atlet Asal Banten yang dapat menyumbang Medali Emas untuk kontingen Indonesia di ajang Asian Games 2018. Tentu ini adalah bukti nyata bentuk dukungan dari pemerintah Provinsi Banten untuk lebih berkibar dalam merajut Prestasi yang lebih gemilang.

Coba bayangkan saja, jika 4 Kota dan 4 Kabupaten yangterdapat di Provinsi Banten ini dapat bersinergi bersama saling mendukung danbekerja sama dalam membangkitkan roda ekonomi masyarakat secara menyeluruhtentu bisa menjadi sinyal positif untuk Provinsi Banten untuk meraih Prestasiyang lebih gemilang di masa depan.

Kalau melihat data yang diperoleh dari sumber online terpercaya, beberapa tahun ini Provinsi Banten memiliki jumlah peningkatan mulai dari pemberantasan praktik korupsi, penghargaan kepala daerah yang inovatis, tentu ini bisa menjadi semangat tersendiri untuk seluruh jajaran pemimpin hingga lapisan masyarakat untuk selalu kompak dan kontribusi untuk menyongsong Provinsi Banten kearah yang lebih maju lagi ditengah Pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Demikianlah artikel mengenai “Semangat Provinsi Banten DalamMenyongsong Masa Depan Ditengah Kemajuan Digital” semoga dengan artiukel yangsangat inspiratif ini dapat menularkan semangat untuk berinovasi lebih kreatif lagi.

   

Sumber Referensi:

  1. Wikipedia.com
  2. http://dhenok.net/kesultanan-banten-masa-kini-dan-jejak-sejarahnya/
  3. http://wartakota.tribunnews.com/2018/08/10/gubernur-banten-raih-penghargaan-sebagai-pembina-keselamatan-dan-kesehatan-kerja
  4. http://www.neraca.co.id/article/103641/ekonomi-banten-triwulan-i-2018-tumbuh-595-persen

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s